Zhaoxin Semiconductor Siap Bersaing Dengan Intel & AMD Bagi Pasar CPU Di Masa Depan

Cakra Hudaya Juni 25, 2019

Zhaoxin Semiconductor Siap Bersaing Dengan Intel & AMD Bagi Pasar CPU Di Masa Depan



Negeri Tiongkok tampaknya memiliki peradaban yang paling pesat, bahkan dalam hal tenaga komputasi. Hal tersebut diperlihatkan ketika perancang prosesor yang berbasis di China, Zhaoxin Semiconductor dapat mewujudkan CPU versi mereka sendiri, yaitu KX-6000 yang dianggap memiliki keterampilan setara dengan Core i5-7400, sebenarnya clockspeed yang dibawanya melulu sebesar 3.0Ghz.




Ini dapat menjadi pertanda bahwa negeri itu tidak bakal benar-benar tergantung pada pihak luar, bahkan dapat saja berlomba dengan perusahaan sekelas Intel maupun AMD dimasa depan. Dan nyatanya, itu ialah keinginan besar Zhaoxin Semiconductor, dimana KX-6000 adalahlangkah mula untuk menunjukan bahwa mereka pun mampu memproduksi CPU versi mereka sendiri.

Meskipun kehadiran KX-6000 bukanlah suatu CPU yang mengesankan dalam urusan kinerja, tetapi apa yang dapat dihadirkan oleh perusahaan itu adalahperkembangan yang paling pesat dan benar-benar signifikan. Disamping itu, proses yang dilaksanakan oleh perusahaan ini melulu dilalui sejumlah tahun saja.

Core i5-7400 bukan CPU desktop tercepat dari Intel dengan teknik apa juga (bahkan saat dikenalkan pada 2017), namun adalahsalah satu CPU hebat, terlebih lagi untuk mereka yang dapat membuatnya dalam masa-masa yang singkat versi mereka sendiri.

Ini pun adalah pencapaian teknologi yang benar-benar mengesankan untuk Zhaoxin. Setiap jenis CPU yang dapat berlomba dengan Intel di bidang apa juga pastinya lumayan diperhitungkan, sebab Intel sedang di puncak hierarki dalam ukuran dan teknologi semenjak lama.

Hingga pada akhirnya, Zhoaxin dapat mewujudkan opsi prosesor yang jauh lebih canggih, dimana pihak perusahaan menuliskan bahwa mereka berencana akan mengenalkan CPU server kompetitif (seri KH-40000), namun pada node 7nm dari TSMC dengan sokongan PCIe 4.0 dan DDR5. Belum terdapat kepastian kapan ini seluruh akan tiba, namun tersebut akan menjadi berita yang sangat unik untuk diungkap.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »