Oppo Kuasai Pasar Smartphone Indonesia, Xiaomi Anjlok

Cakra Hudaya Agustus 14, 2019


Lembaga penelitian pasar, Canalys telah menerbitkan laporannya guna pasar smartphone Indonesia. Posisi puncak sekarang tak lagi Samsung, tetapi Oppo.

Dalam laporan Canalys guna kuartal kedua 2019 menuliskan bila terjadi pergeseran lumayan drastis di pasar smartphone Indonesia.

Samsung yang sekitar ini menguasai pasar smartphone Indonesia mesti berpuas diri guna digusur Oppo. Brand smartphone China ini menguasai 26 persen market share.

Tah melulu mendominasi, Oppo pun mendapatkan YoY Growth atau perkembangan dibanding periode yang sama di tahun kemarin sampai 54 persen.

Sedangkan Samsung sedang di posisi kedua guna kuartal kedua 2019 ini dengan menguasai 24 persen market share. Meski begitu, Samsung pun mengalami perkembangan 10 persen.

Menyedihkan untuk Xiaomi, kali ini mesti rela melulu mendapatkan 19 persen market share dan mesti turun dari peringkat kedua menjadi ketiga.

Yang paling disayangkan, perkembangan atau YoY Xiaomi kali ini merasakan penurunan sampai 9 persen. Dengan kata lain perkembangan Xiaomi melamban di kuartal kedua 2019 ini.



Sedangkan Vivo mesti puas dengan peringkat empat dengan 15 persen market share. Namun Vivo mencatatkan pertumbuhan sampai 62 persen YoY.

Sedangkan pedatang baru Realme menciptakan kejutan dengan menemukan 7 persen market share. Pencapaian yang sungguh mengagumkan guna sub-brand Oppo ini.

Canalyst menyoroti kuatnya jaringan offline Oppo yang menguatkan pemasarannya guna melawan Samsung. Di banding semua kompetitornya yang mengandalkan penjualan online.

Nggak kebayang andai market share Oppo dan anaknya, Realme digabungkan. Pasti lebih kuasai pasar smartphone Indonesia dengan lebih dominan.

Berbeda dengan Canalys, lembaga penelitian pasar Counterpoint masih menanam Samsung sebagai penguasa pasar smartphone Indoensia disusul Xiaomi.



Dua data dari lembaga penelitian pasar ini memang memungut shipment atau ekspedisi barang ke pasar, baik online maupun offline bukan dari data penjualan di pasar.

Masing-masing penelitian punya caranya sendiri-sendiri. Bagi Canalys, menanam Oppo sebagai no 1 di pasar smartphone Indonesia menggusur Samsung dan Xiaomi sekaligus.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

Hallo Semuanya!!!
Pastikan memberikan yang baik dan sesuai dengan Content artikel ya. EmoticonEmoticon